Monday, December 6, 2010

Pangsit Isi Tahu dan Sawi





Lagi nonton Trans TV, ada liputan ke resto di kelapa gading yang menu-nya berbahan dasar Tahu dan Kacang Kedelai. Salah satu menu andalannya somay isi tahu dan sawi. Cling…lampu langsung nyala nih di otak…. Tapi males banget buat adonan kulitnya…. Pake apa yah?

Sementara kepikiran terus sama menu yang satu itu, hari minggu Uda ngajak ke Jambu Dua. Ya udah sekalian belanja ke Pasar Jambu Dua deh. Beli sayuran buat keperluan seminggu. Eh pas lagi belanja ngeliat kulit pangsit siap pakai di salah satu warung, akhirnya kejawab deh….kulit luarnya pake pangsit aja deh.

Tapi bikinnya baru sempet pas hari senin.Soalnya sambil mikir - mikir, kira - kira resepnya apa aja yah???
Ini resepnya yah….monggo kalo mau dicoba

Bahan:
Kulit Pangsit secukupnya (kemarin beli yang isinya 50 lembar)
1 buah sawi putih ukuran kecil, iris halus
50 gram daging giling (optional yaaa)
10 buah tahu putih kecil (bukan tahu cina yah….kebanyakan ntar)
1 buah telur
3 Bawang Merah, iris halus
1 Bawang Putih, iris halus
1 batang Daun Bawang, iris halus
Garam dan gula pasir secukupnya

Cara:
·         Tumis duo bawang (bw merah n putih) sampai harum
·         Masukkan daging giling, aduk sampai berubah warna. Kalau perlu, tambah air sedikit.
·         Masukkan sawi. Aduk rata. Tambahkan garam dan gula pasir. Masak sampai matang dan air habis. Sisihkan.
·         Sementara itu di tempat lain, di haluskan tahu dengan garpu. Setelah hancur, masukkan tumisan sawi dan telur. Aduk rata. Tambahkan daun bawang iris.
·         Kulit Pangsit dipotong bulat ukuran kira2 10cm. Masukkan 1 sdm adonan tahu dan sawi. Lipat kulit pangsit dengan bantuan air. Kemarin pas buat, aku buat wiron seperti hakau (kalau penasaran seperti apa buat wiron, masuk aja ke web www.ncc-indonesia.com. Cari tips membuat wiron hakau. Dijamin bisa deh)
·         Panaskan minyak (sedikit aja). Goreng pangsit sampai sisi yang menyentuh penggorengan berwarna kecoklatan. Tambahkan air secukupnya, trus tutup deh wajannya. Masak sampai air habis dan pangsit pun matang.

Wah, begitu Adwin n al makan, langsung bilang…Enaaakkkk…. Nanti aku mau makan nasi pakai ini ya, umi. Siiip deh….. Padahal Adwin itu gak suka loh sama sayur sawi. Tiap kali buat Tumis Sawi pasti makannya susah. Tapi kalau makan sama pangsit ini, bisa 6-8 potong abis sendiri. Kalo begini mah, yang seneng umi-nya. Anak gak susah lagi makan sayur… Yiipiiiieeee
Thanks ya Trans TV....

No comments:

Post a Comment