Saturday, December 11, 2010

BOLU KUKUS 200




Di milis NCC lagi rame bahas bolu kukus. Penasaran dong, secara doyan gitu. Sebenernya, apa sih yang gak doyan? Hehehe….
Ya udah, minta tolong adwin beliin Fanta di warung sebelah. Dapet….mulailah mengocok adonan. Biar warnanya cantik…ditambah sedikit pasta strawberry sedikit. Dicampur sama adonan yang dipisahkan sedikit. Taro diatas adonan pink…. Ternyata jadinya merah ngejreng juga yah….
O iya, ini resepnya dapet dari www.ncc-indonesia.com/detail.php?aid=127
Makasih ya bu Fat. Tapi bu, ada yang aku modif dikit yaaaahhhh…trus, as always….bikinnya Cuma ½ resep

Bolu kukus serba 200
Bahan :
200 gr gula pasir (aku pakenya 90gr)
2 butir telur (aku pake 1 telur)
200 gr tepung terigu (aku pake 100gr)
200 ml air soda (aku pake 100ml fanta, sisanya diminum deh…. J)
1 sdt emulsifier (gak pake)

Cara :
-          Campur semua bahan dalam wadah. Kocok dengan mikser sampai kental
-          Ambil sedikit adonan. Beri warna (kalo aku pakai pasta strawberry)
-          Tuang ke dalam cetakan bolu kukus yg telah dialasi kertas, adonan putih (aku pink) dulu baru adonan yang telah diberi warna
-          Kukus dalam dandang yg telah dipanaskan terlebih dahulu. Kurang lebih 20 menit.
-          Karena aku Cuma buat ½ resep, jadinya sekitar 8 bolu kukus.

Pas jadi, bolu kukusnya pada ketawa. Ada 2 sih yang Cuma senyum doing. Trus, ternyata bolunya tidak seempuk bolu kukus yang dijual. Dapet ilmu di milis, ternyata cara aku ada beberapa yang salah…. Huaaaa…. Pantesan aja tidak seenak yang dijual…. Ini tips dari mba Yanti Saleh yang di share di milis :
  • Rata-rata kurang mixing.Memang sesudah tepung dan cairan masuk, otomatis adonan akan mengental tapiiii agar menjadi adonan yang teremulsi baik maka harus dimixing sampai adonan licin, putih dan agak mengembang lagi. Ini memakan waktu kira2 5-7 menit. Baru akan menghasilkan bolkus yang mengembang ringan dan spongy.
  • Kertas untuk alas loyang, juga jangan terlalu tinggi. ini bisa mengakibatkan adonan tidak mekar sempurna.
  • Mitos harus sedikit jumlah bolkus per batch dengan waktu kukus 10 menit. Seharusnya untuk menghemat gas, masukkan jumlah bolkus secukupnya sehingga masih ada renggang antar bolkus kira2 2-3cm saja. Lama mengukus hanya 4-6 menit perbatchnya dengan menggunakan klakat.
  • Jumlah air kukusan kira2  2 ruas jari dari dasar kukusan. Toh kalau hampir habis bisa diisi kembali.
Makasih ya mba yanti. Next time coba lagi aaahhh…..
NCC emang okehhhh

No comments:

Post a Comment